Hujan Meteor Perseid dan Aurora Borealis yang terjadi bersamaan di Hokkaido, Jepang

Pada hari senin, 12 Agustus 2024 jepang terjadi fenomena yang langka pada saat malam hari yang merupakan fenomena Hujan Meteor Perseid dan Aurora Borealis yang berlangsung bersamaan. Hujan Meteor Perseid merupakan sebuah fenomena yang terjadi setiap satu tahun sekali ketika Bumi melewati jejak debu dari komet Swift-Tuttle, biasanya fenomena ini terlihat di bumi utara termasuk di jepang fenomena ini biasanya bisa dilihat pada bulan agustus.

Seorang penelitian yang bernama Tsuda Hiroyuki, direktur observatorium di Kota Rikubetsu mengambil foto di sekitar daerah danau Notoro di kota Abashiri, Hokkaido selama perkiraan 5 jam dari 21.30 malam hari. Hasil foto-foto yang didapatkan memperlihatkan bintang-bintang jatuh dan aurora yang menyala merah di malam hari, aurora dan bintang jatuh dapat dilihat mata telanjang pada malam hari.

Tsuda Hiroyuki mengukapkan bahwa melihat pemandangan aurora di lintang dan bintang jatuh Perseid yang memperbesar kemungkinan terlihat hingga ke garis lintang rendah sehingga menjadikan ini sebagai peristiwa yang hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Kombinasi dari hujan meteor Perseid dan aurora borealis ini adalah pemandangan langit malam yang spektakuler dan langka, membuat para pengamat bintang sangat antusias​

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *